Senin, 14 Desember 2009

Tidak Mudah Menjadi Pemimpin


Tidak mudah menjadi pemimpin, setidaknya itu yang orang rasakan bila dia sudah pernah memimpin suatu kelompok, grup, organisasi dll. Pasti ada halangan, entah itu dari dalam kelompok yang dipimpinnya atau dari luar kelompok.
Beberapa hari ini kodok_legi mengamati dan mencoba belajar bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Memang tidak ada yang sempurna di dunia ini, namun bukan berarti kita tidak berusaha, tetap harus berusaha menjadi yang lebih baik lagi, dan lebih baik lagi. Setidaknya ada beberapa hal yang kodok_legi dapatkan dari pembelajaran yaitu:
  1. Pemimpin tidak boleh egois. Kenapa tidak boleh egois, karena dalam pimpin memimpin pasti ada orang yang memimpin dan orang yang dipimpin. orang yang dipimpinpun sekalipun dia berada di posisi di pimpin tetap punya keinginan. Keinginan itu belum tentu sama dengan keinginan dari pimpinan, sehingga pemimpin tidak boleh bersikap egois dan bertindak sesuai egonya. Memang ada kalanya, pemimpin harus bertindak tegas, tapi bukan berarti egois.
  2. Pemimpin harus terbuka menerima saran. Tidak selamanya pemimpin tahu segalanya, bisa saja terdapat anggota kelompoknya yang lebih tahu/berpengalaman. Terhadap hal ini, pemimpin tidak boleh menutup telinga atas saran dari anggotanya. Kalo memang benar dan masuk akal, kenapa tidak diuti, toh pasti tidak akan menjatuhkan wibawa, justru hal seperti ini membuat seorang pemimpin lebih disukai.
  3. Pemimpin Harus Punya Rencana Yang Matang. Dalam mengatur suatu kegiatan, pemimpin harus sudah merencanakan dengan matang, dengan memperhatikan saran dari siapapun juga yang kompeten di bidangnya. Jika pemimpin tidak punya rencana matang, maka akan menjadikan anak buahnya kehilangan respek terhadapnya, merasa pemimpinya tidak komputen, bahkan malah kehilangan kepercayaan terhadap kepemimpinan ketuanya.
  4. Pemimpin Harus Tepat Waktu. Yang ini sangat jelas sekali. Bagaimana mungkin menjadi pemimpin namun tidak bisa memanage waktu dengan baik. Sedangkan tidak tepat waktu adalah tanda tidak bisa memanage waktu dengan baik.
  5. Pemimpin Harus Tanggap Situasi dan Kondisi. Situasi dan kondisi pasti selalu berubah, tidak selalu seperti yang direncanakan, sehingga terhadap perubahan situasi kondisi ini, pemimpin harus bisa segera menyesuaikan.
  6. Pemimpin Harus Memperhatikan Bawahannya. Pemimpin yang baik dan mendapat banyak respek sekarang ini adalah tipe pemimpin yang mau turun ke bawah langsung, berinteraksi dengan bawahan. Pemimpin yang seperti ini, yang mengerti kebutuhan anak buahnya yang dicari sekarang ini.
Memang tidak mudah menjadi seorang pemimpin yang baik. Hal-hal diatas pun hanya sebagian kecil hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin. Masih banyak hal-hal yang lain yang harus dipelajari.
Semoga kodok_legi nantinya dapat menjadi pemimpin yang baik.
Salam, Kodok_legi.
Gwook..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar