Rabu, 17 Februari 2010

Cinta, kasih, sayang.


Cinta, kasih, sayang merupakan perasaan yang pasti dimiliki oleh semua orang. Orang butuh cinta, butuh mencintai dan dicintai, mengasihi dan dikasihi, menyayangi dan disayangi. Cinta, kasih, sayang bisa kepada siapa saja, kepada suami, isti, pacar, kakak, adik orang tua, Tuhan, negara. Beberapa orang membedakan cinta, kasih, sayang dalam 3 jenis menggunakan bahasa yunani yaitu eros, philia dan agape.
Eros adalah cinta antara laki-laki dan perempuan. Cinta yang mendasarkan diri pada hawa nafsu. Manusia memang diciptakan sepasang laki-laki dan perempuan, dan pada akhirnya mereka akan menikah. Cinta eros mendasari pernikahan tersebut. Kemungkinan pada akhirnya cinta eros tersebut akan berubah menjadi philia.
Philia adalah cinta yang tumbuh dari persahabatan yang mendalam, sangat dalam sehingga memberikan ikatan yang sangat kuat terhadap orang yang dikasihinya. Philia tidak berdasarkan hawa nafsu. Cinta philia ini bisa terjadi pada persahabatan maupun pada keluarga, antara kakak- adik, anak-orang tua. Persahabatan yang kuat berdasarkan pada philia, seperti yang tertulis bahwa "seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi saudara dalam setiap kesukaran'.
Cinta agape adalah cinta tertinggi, tidak ada manusia yang mampu mencintai secara agape. Cinta ini hanya dimiliki oleh Gusti Allah, cinta yang memberi tanpa syarat, tetap mencintai sekalipun disakiti ribuan kali, memberikan apa saja untuk yang dicintai.
Mencintai secara eros tidaklah salah, karena memang itu yang mendasari cinta kasih antara pria dan wanita, dan philia pun sangatlah indah, karena cinta yang melekat dalam persahabatan dan berusahalah untuk menjadi agape seperti cinta kasih Tuhan.
Yang penting disini adalah hikmat.

untuk sahabatku, lihatlah lebih dekat dan kau bisa menilai lebih bijaksana.

1 komentar:

  1. yup...untuk dapat melakukan cinta agape sebagai manusia, terkadang menahan segala sesuatu yang dirasakan menekan hatinya...:-)tapi namanya aja cinta agape yo...mestinya harus dijalankan secara sukarela dan itu adalah Kasih

    BalasHapus